Kamis, 05 Mei 2016

Sorong - Raja Ampat Butuh Transportasi Kapal Cepat


GULA77 - Pemerintah Provinsi Papua Barat diminta membantu penyediaan kapal cepat melayani julur transportasi masyarakat dari Kota Sorong menuju Kabupaten Raja Ampat yang merupakan daerah tujuan pariwisata. "Guna menunjang kelancaran transportasi masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Raja Ampat, Pemprov Papua Barat perlu membantu Pemkab Raja Ampat dalam penyediaan kapal cepat," kata pemerhati di Raja Ampat, Venina Watem di Sorong, Kamis (5/5).

Dia mengatakan, masyarakat Kabupat Raja Ampat saat ini membutuhkan kapal cepat yang melayani rute pelayaran Sorong-Raja Ampat setiap hari, bukan festival wisata yang akan digelar Dinas Pariwisata Oktober nanti hanya menghabiskan anggaran. Kabupaten Raja Ampat, kata dia, sudah terkenal di dunia internasional dan setiap hari ada wisatawan asing yang berkunjung. Permasalahan saat ini transportasi terbatas dan biaya wisata cukup tinggi.

Karena itu, lanjut dia, pemerintah provinsi harus membantu pemerintah daerah untuk membeli kapal cepat serta menurunkan biaya wisata agar wisatawan banyak yang berkunjung ke Raja Ampat. Ia menyampaikan, selama ini transportasi laut dari Sorong menuju Kabupaten Raja Ampat oleh pihak swasta seperti PT Belibis. Kapal cepat milik perusahaan itu melayani pelayaran Kota Sorong menuju Kabupaten Raja Ampat ditempuh selama dua jam.

Kapal cepat PT Belibis dua kali melayani pelayaran dari Kota Sorong menuju Kabupaten Raja Ampat dalam sehari. Harga tiket Kapal tersebut untuk kelas bisnis seharga Rp220 ribu dan kelas ekonomi seharga Rp130 ribu per orang. "Masyarakat Kabupaten Raja Ampat menilai tarif tersebut tinggi sehingga mereka menginginkan pemerintah daerah maupun provinsi mengadakan kapal cepat dengan tarif lebih murah yang dapat dijangkau oleh masyarakat ekonomi lemah," ujarnya.(beritasatu)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar