Selasa, 26 April 2016

Polda Jambi Mengagalkan Penyeludupan 2.400 Karung Bawang Merah


GULA77 - Tim penyidik Direktorat Kepolisian Perairan (Ditpolair) Polda Jambi hingga Senin (25/4) masih menahan dan memeriksa Nh (40), nakhoda Kapal Motor (KM) Pika Jaya serta empat orang anak buah kapal (ABK) yang membawa 2.400 karung bawang merah selundupan asal Malaysia. Satu unit kapal serta seluruh bawang merah selundupan setara 15 ton tersebut diamankan di markas komando (Mako) Ditpolair Polda Jambi, Sungai Batanghari, Kota Jambi.

Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Penegakan Hukum (Gakum) Ditpolair Polda Jambi, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Helly Helmanto di Jambi, Senin (25/4) menjelaskan, kapal yang membawa ribuan karung bawang merah selundupan tersebut tertangkap ketika Satpolair Polda Jambi melakukan patroli di perairan Tanjungjabung Timur, Jambi, Minggu (24/4).

Dijelaskan, KM Pika Jaya dicegat petugas patroli ketika kapal tersebut berada di perairan Tanjungjabung Timur menuju alur pelayaran Sungai Batanghari. Sewaktu petugas memeriksa kapal, ditemukan 2.400 karung dengan berat sekitar 15 ton bawang merah. Bawang merah tersebut ditutupi ribuan buah kelapa. “Ketiga petugas meminta dokumen pengiriman bawang merah tersebut, nakhoda kapal tidak bisa menunjukkannya. Petugas pun langsung menahan nakhoda dan empat ABK. Mereka pun langsung digelandang ke Jambi.

Barang bukti satu unit kapal dan 2.400 karung bawang merah yang berada di dalam kapal pun diamankan di Mako Satpolair Polda Jambi, Kota Jambi,”katanya. Dijelaskan, berdasarkan pengakuan nakhoda kapal, Nh dan keempat ABK, mereka membawa bawang merah tersebut dari Malaysia untuk dipasok ke Jambi. Bawang merah tersebut berasal dari India. Mereka dibayar Rp 700.000 untuk membawa bawang merah tersebut hingga ke Kota Jambi. “Kami masih mengembangkan kasus penangkapan kapal penyelundup bawang merah ini untuk mengetahui penadahnya.

Nakhoda dan seluruh ABK juga sudah ditetapkan menjadi tersangka,”katanya. Menurut Helly Helmanto, Ditpolair Polda Jambi selama April ini sudah beberapa kali mengagalkan penyelundupan produk luar negeri ke Jambi. Awal April lalu, Ditpolair Polda Jambi mengamankan kapal yang membawa 750 bal pakaian bekas selundupan asal Singapura. Kemudian pertengahan April lalu, diamankan juga kapal yang membawa 2.112 karung bawang merah selundupan.(Beritasatu)

Pejambret Dibuat Menyerah
Beli Apartemen di London
Byron Scott Dipecat



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar