Rabu, 08 Juni 2016

Tinggi Ombak Mencapai Empat Meter, Nelayan di Malang Tak Melaut


GULA77 - Gelombang besar setinggi empat meter di perairan laut selatan merendam dan merusak sekitar 19 rumah warga yang mendiami pantai-pantai di Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Banjir pasang air laut atau rob ini sudah terjadi sejak sepekan lalu dan yang paling besar terjangannya pada Selasa malam kemarin. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah E.K. Hafi Lutfi menyampaikan, gelombang besar tak sampai menimbulkan korban jiwa manusia.

Namun ia meminta masyarakat tetap mewaspadai tinggi gelombang yang masih berpeluang terjadi dalam beberapa hari ini. “Gelombang setinggi empat meter itu sudah membahayakan,” kata Lutfi, Rabu, 8 Juni 2016, malam. Ketua Nelayan Tambakrejo Sih Budi Hari menambahkan, kecepatan angin yang sekitar 30 knot (setara 56 kilometer per jam) membuat ombak bergulung-gulung dan cepat menghantam pantai. Air laut cepat mencapai permukiman. Kondisi yang membahayakan jiwa itu membuat hampir seluruh nelayan yang berjumlah 2.650 orang berhenti melaut.

Mereka berdiam saja di rumah atau memperbaiki kapal. Mereka yang nekat melaut tak berani melewati batas aman 70 mil dari garis pantai. “Masih ada yang nekat melaut, tapi mungkin hanya tiga orang saja. Itu pun mereka tak berani jauh-jauh dan lama, dengan hasil tangkapan sangat minim. Saat ini paceklik ikan,” kata Budi. Desa Tambakrejo menjadi pusat kegiatan kelautan dan perikanan di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Namun populasi penduduk terkonsentrasi di Sendangbiru, yakni sekitar 900 keluarga dengan sekitar 1.750 nelayan.

Kepala Desa Tambakrejo Sudarsono mengatakan, tinggi gelombang normal berkisar pada ketinggian dua meter saja. Kecepatan angin pun hanya sepertiga dari kecepatan angin pekan ini. “Hantaman gelombang tahun lalu lebih besar lagi dibanding sekarang," kata dia. "Kali ini anehnya justru masuk musim kemarau, kok masih muncul gelombang dan hujan.”. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Bagio Setyono mengatakan gelombang besar melanda hampir seluruh pantai di selatan Malang, seperti Pantai Kondangmerak di Kecamatan Bantur dan Lenggoksono di Kecamatan Tirtoyudo. Ketinggian ombak bervariasi antara tiga hingga lima meter.(Tempo)

Justin Biebir Memilik Anak
Rekor Pemain Tertua Euro
Tiger Woods Undurkan Diri



Tidak ada komentar:

Posting Komentar